17 Apr 2012

Mengatasi Plugged in, not charging


Maksud dari judul diatas, Adalah ..
Saya punya laptop, tapi saat di charge ada tulisan 8 % available, not charging seperti gambar dibawah ini ..




yang artinya laptop kita tidak charging melainkan cuma bertahan tetap di nomor situ.

Pernah saya mengalami hal serupa seperti itu.
saya memiliki dual OS yaitu Windows 7 Ultimate & Linux Ubuntu
kemudian saya teliti dengan OS Windows 7, ternyata windows memiliki sebuah driver, yaitu : Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery.

Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery

Fungsi dari driver ini adalah untuk menjeda ketika baterai memasuki 100 % atau artinya full charge, sehingga baterai tidak dapat mengisi lagi. ya begitulah kehebatan laptop jaman sekarang yang menggunakan baterai Lithium Ion.
Baterai sekarang sudah canggih. Tetapi Ada juga Problem yang timbul seperti laptop saya.

"baterai tidak dapat mengisi lagi di  angka 8%  , padahal kan belum 100 %...



Cara mengatasi :

  •  Buka device manager dengan cara mengklik start >> klik kanan di my computer >> pilih manage >>device manager  (saya rasa kalau disini anda sudah memahaminya)

  •  Buka Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery seperti gambar   berikut :




  •  Apabila sudah ketemu, silahkan Uninstal Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery (dalam keadaan charge masih menempel di Laptop)    
  •  Setelah itu Shutdown Laptop anda
  •  Kemudian cabut baterai dalam keadaan Charge masih menempel di Laptop .
  •  Nyalakan Laptop Anda.
  •  Kemudian matikan kembali Laptop anda
  •  Terus pasang kembali Baterai anda
  •  Nyalakan lagi Laptop anda
  •  Kemudian Buka Device manager
  •  Lalu klik kanan di Batteries atau yang lainnya
  •  Pilih Scan for hardware Changes.
  •  Biarkan windows mendownload drivernya sendiri.

Kemudian Laptop anda bisa di charge kembali.


Sebagian orang beranggapan kalo Laptop mereka berhasil charge kembali dengan cara diatas.

Tetapi saya mengatasi masalah yang aku alami di laptopku ini dengan cara diatas, bukanlah berhasil, melainkan tidak menghasilkan efek sama sekali.

Kemudian saya cari akal sendiri dengan charging di OS Linux, mumpung saya lagi menggunakan Dual OS seperti yang saya ceritakan diatas sendiri tadi..

dan Akhirnya ..

Jiahhhh.... ternyata bisa !!!
saat saya charge laptop saya menggunakan OS ubuntu . si charge terus mengisi baterai

Ternyata bisa juga kalo dipakai Lewat Linux..
Mungkin yang eror ini windows saya...

tak lama.. aku uninstall aja nih windows.. enakan pakai linux lho !!


nb : apabila Dengan cara diatas, baterai anda sudah mulai mengecas kembali, berarti anda berhasil & yang bermasalah hanya OS anda....
tetapi apabila baterai tidak ngecas kembali ... tolong di utak-atik dulu..
seperti shutdown,, terus cabut baterai, nyalakan dengan charge saja, dll. Kalau masih belum bisa & baterai tidak ada respon,,, buang saja dan beli yang baru ... heheheheheheheheh





created by Surabaya-XP


Created by Huda Frian
Created by Huda Frian
Surabaya-xp Updated at: 9:00:00 PM
Comments
4 Comments
Facebook Comments by Surabaya-xp

4 komentar:

Anonim mengatakan...

cara akhir bagus tu, "buang dan beli yg baru" heee...

Surabaya-xp™ mengatakan...

hehehe..

btw, makasih ya atas kunjungannya !!

Unknown mengatakan...

kasian, walaupun nasib kita serupa kalau saya terisi hanya sampai 99 persen, kalau dibawah 99 persen masih normal tapi kalau uada 99 persen jadinya PLUGGED IN, NOT CHARGING

Surabaya-xp™ mengatakan...

@Den Bagoes Unggul Pambudi : oww, kalau udah 99% gitu masih nggak masalah sob.
masih wajar kok.
tapi kalau pas baterai belum penuh sama sekali gitu baru nggak wajar.
tenang aja sob !!
masih normal kok

Posting Komentar

Back link komentar telah saya aktifkan...
Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan sarannya sangat kami harapkan,

Harap berkomentar yang baik dan benar !!!

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012.

- All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz