17 Mei 2015

Tugas 1 Dasar Komputer



1.


Power-on Self Test (disingkat menjadi POST) adalah sekumpulan rutin-rutin khusus yang dijalankan selama proses booting komputer pribadi/PC yang disimpan di dalam ROM. Rutin-rutin ini didesain untuk melakukan pengujian terhadap kesehatan sistem komputer, apakah komponen berjalan dengan benar sebelum BIOS memulai sistem operasi. Yang dilakukannya adalah mengecek jumlah RAM, keyboard, dan perangkat media penyimpanan (disk drive). Jika sebuah kesalahan terdeteksi oleh POST, maka sistem umumnya akan menampilkan beberapa kode kesalahan, yang dinyatakan dengan bunyi-bunyian (atau beep) yang menunjukkan letak kesalahannya namun selain bunyi beep komputer jga bisa mengeluarkan peringatan pada layar monitor dengan berupa teks. biasanya peringatan berupa teks pada monitor lebih mudah dipahami oleh user. Setiap kesalahan memiliki pola bunyi beep-nya sendiri-sendiri, dan berbeda antar BIOS yang digunakan.




2.  

Peripheral adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.


1. Peripheral utama (main peripheral)
Yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh periferal utama yaitu: monitor, keyboard dan mouse.
2. Peripheral pendukung (auxillary peripheral)
Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam dan lain-lain.
Sedangkan berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer terbagi menjadi:

1. Perangkat masukan (input)
Adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut antara lain :


Keyboard

Berbentuk mirip mesin ketik yang berisi huruf, angka, simbol-simbol khusus serta tombol-tombol fungsi. Gunanya untuk memberi perintah kepada komputer dengan cara menuliskannya atau menekan kombinasi beberapa tombol.


Mouse
Alat yang mirip tikus dan terdiri dari dua atau tiga tombol, berfungsi untuk mengendalikan kursor/pointer dilayar monitor dengan cara menggerakkannya maju, mundur atau kesamping.


Scanner
Alat yang mirip mesin fotocopy ini, memiliki fungsi hampir sama dengan mesin fotocpy. Hanya saja data yang di input kan tak langsung di proses akan tetapi di simpan di komputer dan data bisa di edit terlebih dahulu.


Microphone




Alat ini sama halnya dengan micrphone yang lain, yakni berfungsi sebagai menginput suara yang nanti nya bisa di simpan di komputer atau langsung di keluarkan melalui speaker.


Digitizer
Alat ini berfungsi untuk menginput data seperti tulisan maupun untuk mengedit dengan lebih fleksibel karena menggunakan pen seperti saat kita menulis.Alat ini biasanya digunakan dalam hal desain.


2. Perangkat keluaran (output)


Adalah peralatan yang kita gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Perangkat tersebut antara lain :


Printer
Alat ini memiliki fungsi mencetak hasil kerja dalam media kertas. Mulai dari teks sampai gambar, mulai dari hitam putih hingga yang berwarna.




Plotter
Alat ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan printer, hanya saja media yang digunakan jauh lebih besar dan tidak hanya berupa kertas. Dan hasilnya jauh lebih bagus dari printer.


Monitor
Alat ini memiliki fungsi menampilkan data berupa grafis tampilan yang sedang di operasikan. Dan pada contoh gambar merupakan Monitro jenis LCD.




Speaker
Alat ini berfungsi mengeluarkan data berupa suara. Alat ini merupakan perangkat tambahan, karena sebagian monitor dapat langsung mengeluarkan suara seperti televisi.

Headphone
Alat ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan speaker, hanya saja ini lebih ke individu. Karena di pasangkan di kepala seseorang.


Tidak hanya itu, karena ada sebagian perangkat yang masuk dalam 2 jenis tersebut, misalnya headset yang memiliki fungsi sebagai perangkat headphone dan microphone.

3. 

Bios merupakan singkatan dari Basic Input Output System. Bios merupakan sebuah program atau software antarmuka tingkat rendah yang berfungsi mengendalikan atau mengontrol perangkat keras yang terpasang pada komputer. Bios disimpan atau ditanamkan di ROM ( read only memory ).  Komponen PC yang dapat diseting melalui BIOS hanya tertentu saja dan merupakan komponen pokok dalam sebuah PC dan komponen yang terintegrasi denganmainboard (Onboard). Berikut komponen yang dapat di set melalui BIOS dan langkah-langkah untuk mengatur komponen PC : 

  •    Hardisk 
  •    CD-ROM
  •    Floppy disk
  •    RAM 
  •    Processor 
  •    LAN  Onboard       
  •  Souncard  onboard
  •   VGA onboard 

Created by Surabaya-xp™
Created by Surabaya-xp™
Surabaya-xp Updated at: 7:19:00 PM
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Surabaya-xp

0 komentar:

Posting Komentar

Back link komentar telah saya aktifkan...
Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan sarannya sangat kami harapkan,

Harap berkomentar yang baik dan benar !!!

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012.

- All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz